Saturday 13 July 2013

Cara Memperbaiki Antena Internal Modem

Kali ini berbagi tutorial mengenai Cara Memperbaiki Antena Internal Modem, hal ini dilakukan di Smartfren CE682, kemungkinan bisa dilakukan dibeberapa model dan produk modem lainnya. Hal ini bermanfaat untuk memperbaiki sinyal, koneksi bahkan dapat meningkatkan dan menstabilkan bandwidth :)
Penulisan artikel ini bermula dari kesalahan penulis tentang cara pembongkaran modem smartfren CE682 UI sehingga menyebabkan lempengan hijau yang menempel erat dengan cashing sobek, otomatis terputus juga jalur PCB tipisnya. lempengan hijau dengan jalur PCB tipis ini selanjutnya kita sebut sebagai antena internal modem. Kesalahan ini mengakibatkan signal yang ditangkap modem menjadi 0 bar dan setiap kali penulis mencoba untuk melakukan koneksi selalu mengalami error opening port “the modem or other connecting device is already in use or is not configured properly“.
Sempat berfikir untuk menggunakan antena eksternal, namun ternyata agak sulit pemasangannya pada modem Smartfren CE682 UI dan tentunya menggunakan biaya yang tidak sedikit. informasi terakhir yang penulis terima, antena eksternal yagi extreme mencapai harga 250.000 (lebih baik untuk membeli modem baru :D )

Cara Memperbaiki Antena Internal Modem Smartfren CE682 UI:
  1. Sediakan alat dan bahan: gunting, obeng, kabel usb extender (any size, recomended 5 atau 10 meter), kabel kawat tembaga (kira-kira 50cm).
  2. Buka cashing modem.
  3. Perhatikan, terdapat lembaran hijau tipis yang terdapat lempeng tembaga (kurang lebih hanya setebal kertas), inilah antena internal modem internal Smartfren CE682 UI.
  4. Potong antena tersebut dibagian pangkal hingga tak bersisa lempengan hijau antena internalnya.
  5. Kelupas kabel kawat tembaga, lalu lilitkan ke dalam badan modem (bukan pada cashing) dengan ujung kabel menyentuh bagian berwarna kuning dibelakang lokasi solder antena internal asli. kondisikan agar ujung kabel menempel kuat dan tidak goyang. sisakan 30-35 cm.
  6. Buat sisa kawat tembaga seperti pegas, lalu arahkan ke – atas.
  7. Sambungkan modem dengan usb extender, direkomendasikan untuk menggantung modem agar modem tidak mengalami kerusakan akibat terinjak dsb. karena cashing modem tidak mungkin dapat terpasang.

Bagaimana? Cukup memuaskan kan setelah antena diperbaiki.
Semoga coretan ini bermanfaat untuk kita semua :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Kamera CCTV
X-Steel - Help Select

Follow Me !!