Sunday 30 June 2013

Dampak Negatif Facebook

Jejaring sosial terutama facebook saat sekarang ini, benar-benar telah menjadi sesuatu yang sangat digandrungi baik itu dari remaja hingga orang tua sekalipun. Di situs jejaring sosial seperti facebook tiap-tiap pribadi dapat berkomunikasi dan berhubungan dengan teman ataupun saudara yang berjauhan sekalipun. Karena facebook sendiri dirancang untuk menghubungkan tiap-tiap orang tanpa mengenal batas wilayah dan waktu. Walaupun situs jejaring sosial seperti facebook selain memiliki dampak positif bagi kehidupan, akan tetapi tentunya juga terdapat dampak negatif facebook yang dapat merugikan para peggunanya.
Dampak Negatif Facebook
Salah satu efek negatif Facebook pada kita ialah mengurangi kemampuan kita untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Memang facebook mempermudah komunikasi dengan teman dan saudara yang berjauhan. Selain itu kita dapat berbagi kebahagiaan, berbagi foto, menemukan teman lama yang awalnya sudah tidak diketahui di mana rimbanya, dll. Namun seperti yang telah dijelaskan di ata tadi, bagaimanapun juga kita harus mampu secara dewasa dan bijak dalam menggunakannya. Jika tidak kita malah akan menjadi apatis terhadap lingungan sekitar karena terlalu keasyikan berfacebook ria setiap waktu dan akhirnya ketika sedang berkumpul di tengah-tengah masyarakatpun kita lebih mementingkan komunikasi di facebook dibandingkan dengan orang-orang yang jelas berada di dekat kita. Dan tentunya hal ini akan membuat kita menjadi apatis terhadap lingkungan sekitar dan lama kelamaan akan susah bergaul secara langsung dengan orang lain. Dan akhirnya malah membuat kita menjadi manusia yang anti sosial.
Dampak negatif facebook lainnya dapat berupa kecanduan untuk terus berlama-lama di situs jejaring sosial ini. Yang akhirnya, tugas terbengkalai, pekerjaan terbengkalai dan menjadi tidak produktif. Coba bayangkan saja, berapa berapa banyak bahan-bahan tugas yang bisa didapatkan jika waktu untuk berlama-lama di facebook digunakan untuk mencari referensi untuk tugas? atau berapa uang yang akhirnya lenyap ketika seharusnya kita dapat memanfaatkan waktu kita untuk bekerja ketimbang berfacebook ria?
Dampak negatifnya dapat juga berupa penipuan, karena orang bisa sembarang membuat data diri palsu di facebook, foto pun dapat diambil dari foto siapa saja, karena memang ketika melakukan pendaftaran hanya diberlakukan verifikasi email, bukan verifikasi data diri yang sebenarnya, seperti verifikasi dari kartu tanda pengenal. Sehingga bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab, facebook dapat dijadikan ladang penipuan, baik itu penipuan uang hingga penipuan terhadap abg-abg yang lugu sehingga terjadilah kasus-kasus seorang anak yang dibawa kabur oleh teman di facebooknya.
Dan dampak negatif facebook yang paling parah yang sebagian besar orang tidak menyadarinya ialah beberapa hal yang sebenarnya merupakan privacy kita dapat dilihat oleh orang banyak. Contohnya saja ketika ada foto kita yang kita simpan di album foto yang sebenarnya bukan menjadi konsumsi publik dilike oleh teman kita di facebook, dan akhirnya foto-foto itupun menyebar ke teman-teman mereka, bukankah ini sudah melanggar privacy kita?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Kamera CCTV
X-Steel - Help Select

Follow Me !!